17 October 2012

Interaksi manusia Komputer

Kehidupan berkomputer kita saat ini tentunya sudah jauh berbeda dibandingkan dengan 7 hingga 10 tahun yang lalu di mana populasi kepemilikan komputer masih belum setinggi ini. Bila kita lihat saat ini, hampir semua aspek pekerjaan baik di sektor bisnis & perkantoran maupun industri dan manufaktur telah memanfaatkan dukungan teknologi dan perangkat komputer dengan karakteristiknya masing-masing. Nilai tambah berupa efisiensi, kemudahan, kecepatan, ketersediaan dan validitas yang mendorong kita untuk seakan semakin berlomba memanfaatkan teknologi komputer dalam berbadai aspek kehidupan termasuk juga entertainment atau hiburan dan edukasi.

Interaksi manusia dan komputer (bahasa inggrishuman–computer interactionHCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronikSedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai. 


Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer

  1. Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin atau desainnya.
  2. Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
  3. Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.

1. Ergonomika atau (kurang tepat) ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktekkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.Ergonomi berasal dari dua kata bahasa yunani: ergon dan nomosergon berarti kerja, dan nomos berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Pendapat lain diungkapkan oleh Sutalaksana (979): ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun nirfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien
Contoh :  Gambar 

contoh interaksi Ergonomi dimana mouse dibuat sesuai dengan kenyamanan fisik tangan manusia




2. Faktor manusia
    Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis yaitu
 Contoh.,
dalam interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi----:
Manusia mewujudkan [[fisiologi]] yang diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. <ref name="sound"> [http://www.noisebetweenstations.com/personal/essays/au
di sound merupakan antarmuka dunia] </ref> Sama seperti mata dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, [[briteness]], kontras - telinga mampu [[penginderaan array]] yang luas dari suara melalui perubahan [[timbre]], kenyaringan, dan [[pitch]].<ref name="sound"/> Pikiran kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau [[gagasan abstrak]].<ref name="sound"/> Paling sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini akan terus di Internet.<ref name="sound"/> [[Audio konten]] juga umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di Internet.<ref name="sound"/>

Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari [[elektrokardiograf]] (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam [[kode Morse]].<ref name="sound"/> Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka berhubungan informasi.<ref name="sound"/> Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk [[komunikasi dominan]], suara memainkan peran penting dalam hidup kita.<ref name="sound"/>
Desain Antarmuka Pengguna (bahasa inggris: User Interface Design) atau rekayasa antarmuka pengguna adalah desain  untuk komputer, peralatan, mesin, perangkat komunikasi mobile, aplikasi perangkat lunak, dan  situs web yang berfokus pada pengalaman pengguna (bahasa Inggris: User Experience) dan interaksi.
Tujuan dari Desain Antarmuka Pengguna adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna—atau apa yang sering disebut dengan user-centered design. Desain Antarmuka Pengguna yang baik dapat memberikan penyelesaian pekerjaan dengan menggunakan tangan tanpa menarik perhatian yang tidak perlu terhadap dirinya sendiri. Desain grafis dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegunaan (bahasa Inggris:Usability). Proses desain haruslah seimbang antara fungsi teknis dan elemen visual (misalnya, model mental) untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak hanya bisa beroperasi tetapi juga dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Desain Antarmuka Pengguna terlibat dalam berbagai proyek dari sirem komputer, untuk mobil, untuk pesawat komersial; semua proyek ini melibatkan banyak interaksi manusia dasar yang sama dan juga membutuhkan beberapa keterampilan yang unik dan pengetahuan. Akibatnya, desainer cenderung mengkhususkan diri pada jenis proyek tertentu dan memiliki kemampuan berpusat di sekitar keahlian mereka, apakah itu desain software, penelitian pengguna, Desain web, atau desain industri.










Desain Antarmuka Pengguna pada perangkat lunak

8 aturan emas desain antarmuka
  • Upayakan untuk konsistensi.
      ** urutan tindakan yang konsisten harus diminta dalam situasi yang mirip.<ref name="usask"/>
      ** [[terminologi identik]] harus digunakan pada prompt, menu, dan membantu layar.<ref name="usask"/>
      ** warna yang konsisten, [[tata letak]], [[kapitalisasi]], font, dan sebagainya harus digunakan seluruhnya.<ref name="usask"/>
  • Memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan pintas
      ** untuk meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi, tombol khusus, perintah tersembunyi, dan [[makro]].<ref name="usask"/>
  • Penawaran [[informatif]] umpan balik
  ** untuk setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon dalam beberapa cara (dalam desain web, hal ini dapat dicapai dengan [[DHTML]] - misalnya, tombol akan membuat suara klik atau mengubah warna saat diklik untuk menampilkan sesuatu yang pengguna telah terjadi).<ref name="usask"/>
  •  Desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
      ** Urutan tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif pada penyelesaian sekelompok pengguna tindakan menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan sukses.<ref name="usask"/>
  • Penawaran kesalahan pencegahan dan penanganan kesalahan sederhana.
       ** desain bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat kesalahan serius, misalnya, lebih memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi dan tidak mengizinkan karakter abjad di bidang [[entri numerik]].<ref name="usask"/>
      ** jika pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana, konstruktif, dan khusus untuk pemulihan.<ref name="usask"/>
     ** segmen panjang formulir dan mengirimkan bagian terpisah, sehingga pengguna tidak dikenakan sanksi karena harus mengisi formulir lagi - tapi pastikan Anda menginformasikan kepada user bahwa beberapa bagian yang datang
  • Izin tindakan pemulihan.<ref name="usask"/>
  • Dukungan [[internal lokus kontrol]]
     ** Pengguna yang berpengalaman ingin bertanggung jawab.<ref name="usask"/> Mengejutkan sistem tindakan, urutan membosankan data, ketidakmampuan untuk memasukan atau kesulitan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan, dan ketidakmampuan untuk menghasilkan tindakan yang diinginkan semua membangun kecemasan dan ketidakpuasan.<ref name="usask"/>
  • Kurangi beban memori jangka pendek.
      ** Sebuah studi menunjukkan bahwa manusia terkenal dapat menyimpan hanya 7 buah (plus atau minus 2) informasi dalam memori jangka pendek mereka.<ref name="usask"/> Anda dapat mengurangi beban memori jangka pendek dengan merancang layar di mana pilihan yang jelas terlihat, atau menggunakan pull-down menu dan ikon.<ref name="usask"/>

Media antarmuka manusia dan komputer
* '''Media Tekstual'''*
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”.<ref name="docstoc"/>
Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman [[PASCAL]] adalah [[readln]] dan [[writeln]].<ref name="docstoc"/>
* '''Media GUI''' (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”.<ref name="docstoc"/> 
Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan [[pemrograman visual]] ([[Visual Basic]], [[Visual Foxpro]], [[Delphi]] dan lain-lain).<ref name="docstoc"/>

Tujuan interaksi manusia dengan komputer
  • Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.<ref name="docstoc"> [http://www.docstoc.com/?doc_id=68098817&download=1 tujuan interaksi] </ref>
Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya ([[user friendly]]).<ref name="docstoc"/>

*Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. <ref name="docstoc"/> Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. <ref name="docstoc"/> 
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.<ref name="docstoc"/>

Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.


 
    
    

No comments:

Post a Comment

Post a Comment